PPC Indonesia
Pasang Iklan disini
PPC Indonesia

Solusi Mengatasi Mouse Error Double Klik dengan Mouse Fix

Bookmark and Share


Permasalahan klasik yang sering terjadi terhadap mouse adalah error double klik. Maksudnya adalah ketika kita mengklik satu kali ternyata dianggepnya kita sudah mengklik dua kali. Salah satu penyebab ha tersebut adalah karena tombol switch klik kiri atau kanan pada mouse sudah soak, bisa karena faktor usia, penggunaan yang hyper (misalnya buat ngegame terus), atau kualitas mouse yang memang murah sehingga kurang awet.
Saya jadi ingat dulu ketika masih kuliah sebagai anak Informatika, saya punya teman yang sangat sederhana dan bersahaja. Saking bersahajanya, banyak teman-teman yang datang ke kosnya untuk sharing tugas (baca: ngopi tugas). Saat itu tugas yang sedang diemban adalah membuat gerbang logika pada mata kuliah Pengantar Sistem Digital. Ada sebuah software khusus untuk membuat gerbang logika dengan mudah dan cepat, kita hanya cukup mengklik simbol gambar gerbang logika lalu di-drag ke tempat yang ditujukan. Sama seperti saat membuat flowchart pada Microsoft Visio.
Masalahnya, mouse teman saya ini mengalami error double klik. Setiap ingin mengklik simbol gerbang logika, eh secara otomatis ke-error-an itu membuatnya tidak jadi mengklik. Begitu juga saat ingin maximize program pada task bar, saat sudah dimaximize eh program itu minimize lagi, begitu terus. La kapan bisa kelar nih tugas.
Beberapa tahun kemudian, saya mengalami hal serupa pada mouse saya. Ya maklum sih saya sangat tahu betul penyebabnya adalah karena memang kualitas mouse saya yang kurang awet, saya tergolong orang hemat yang bangga membeli barang murah hehe. Setiap kali saya klik sebuah file, maka file itu langsung terbuka karena saya dianggap telah melakukan double klik. Pada awalnya memang saya berencana membeli mouse baru yang lebih awet. Tapi ternyata naluri hemat saya membimbing saya untuk menemukan solusi dari error double klik tersebut, dan alhamdulillah akhirnya saya temukan solusinya tanpa harus keluar duit untuk beli mouse tersebut. Bagi Anda yang mengalami ha serupa, bisa ikuti langkah berikut.
1.       Download aplikasi MouseFix disini
2.       Ekstrak, lalu taruh di program file
3.       Buat shortcut pada file .exe nya
4.       Taruh shortcut itu di folder startup, sehingga bisa berjalan otomatis saat windows nyala.
5.       Selesai
Cara kerja program ini adalah, MouseFix membuat komputer kita “mengabaikan” klik kedua pada mouse. Sehingga error double klik yang notabene selalu dianggep double klik padahal kita hanya mengklik sekali itu bisa teratas karena klik yang kedua (yang disebabkan karena error) itu diabaikan oleh komputer. Efek sampingnya adalah kita jadi tidak bisa melakukan double klik “sungguhan” dalam tempo yang cepat. Harus menunggu satu per sekian detik dulu (ga sampai 1 detik pokoknya) untuk melakukan double klik beneran karena kalau kita terlalu cepat melakukan double klik akan diabaikan oleh komputer pada klik yang kedua.
MouseFix ini juga berjalan secara tersembunyi (lupa istilahnya) jadi saat program ini berjalan tidak akan tampak ada proses apa-apa kecuali kalau kita melihatnya di task manager.
Mungkin Anda yang mempunyai banyak mouse yang rusa tidak terpakai karena masalah double klik bisa kembali Anda gunakan lagi. Selamat bereksperimen J

Sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar