PPC Indonesia
Pasang Iklan disini
PPC Indonesia

Pengalaman Pengembangan Sistem Informasi melalui Program Java

Bookmark and Share
  Berbagi Pengalaman Softwere akan berbagi pengalaman saya dalam mengembangkan sebuah Sistem Informasi yang merupakan software aplikasi buatan saya sendiri yang berfungsi untuk mempermudah kita dalam melakukan penghitungan Statistika Uji ChiKuadrat. Sehingga kita dapat mempersingkat waktu dalam melakukan perhitungan tersebut. Software aplikasi sederhana ini saya buat dengan menggunakan bahasa pemograman Java dan menggunakan text editor NetBeans versi 7.0.

Penghitungan Uji ChiKuadrat ini sendiri berfungsi untuk pengambilan keputusan Statistika berdasarkan nilai ekspetasi dan nilai observasi suatu data.Layaknya sebuah Sistem Informasi yang memiliki karakteristik sebuah sistem, program saya pun juga memiliki karakteristik dari sitem tersebut.

Karakteristik yang pertama adalah komponen atau elemen-elemen. Komponen atau elemen yang terdapat di dalam program saya ini adalah adanya berbagai kelas dan method java, lalu data inputan, rumus yang digunakan yang sudah tersimpan di dalam program, dan hasil output dari hitungan tersebut. Karena Java merupakan bahasa pemograman berbasis obyek, jadi saya mengkelompokan berbagai data inputan dan rumus yang digunakan, sehingga tidak membingungkan si pengguna. Untuk data rumus saya buat di dalam kelas utama yang nantinya bisa di panggil sesuai kebutuhan oleh subclass yang isinya adalah data inputan dari user.

Lalu karakteristik yang kedua adalah batasan. Seperti yang saya jelaskan di atas tadi bahwa saya membuat program ini untuk memudahkan perhitungan Statistika Uji ChiKuadrat, jadi inilah batasan dari program saya. Jadi program ini hanya bisa menerima data inputan, lalu memproses dan menghasilkan output yang berhubungan dengan perhitungan Uji ChiKuadrat, selain itu tidak bisa.

Karakteristik yang ketiga adalah lingkungan dari sistem. Lingkungan dari sistem program saya ini lingkungan kita para mahasiswa, dosen, dan pengguna lainnya yang ingin menghitung perhitungan Uji ChiKuadrat dengan mudah.

Kemudian karakteristik yang keempat adalah keterhubungan antar komponen atau elemen-elemen pada sistem tersebut. Sintaks-sintaks codingan java ini lah yang berfungsi sebagai penghubung di dalam sistem program saya ini. Dengan adanya sintaks-sintaks tersebut maka kelas-kelas, method-method, dan data inputan dari user dapat saling terhubung. Sehingga dapat diolah dan menghasilkan suatu informasi yang berguna.

Karakteristik yang kelima adalah Input atau data masukan. Inputan dalam program saya ini merupakan angka-angka yang sesuai dengan rumus perhitungan ChiKuadrat yang nantinya akan diolah di dalam program ini.

Karakteristik yang keenam adalah proses. Prose dalam program saya ini adalah mengolah data inputan ke dalam rumus perhitungan Uji ChiKuadrat yang terdapat di dalam program.
Karakteristik yang ketujuh adalah output. Output dari program saya ini tentunya suatu hasil hitungan ChiKuadrat.

Karakteristik yang terakhir adalah Tujuan atau goal. Tujuan dari program saya ini adalah membantu para user untuk mengolah perhitungan Uji ChiKuadrat dengan cepat dan menghasilkan hasil yang akurat. Sehingga dapat mempersingkat waktu dalam pengerjaannya.

Itulah karakteristik sistem yang terdapat di program sederhana saya ini. Program saya ini bukanlah suatu program yang rumit. Di program saya ini kita hanya di suruh masukan data-data yang di butuhkan untuk melakukan perhitungan Uji ChiKuadrat dan program inilah yang akan mengolahnya dan memberikan hasilnya kepada kita. Saya membuat program ini karena saya merasa agak keribetan untuk menghitung Uji ChiKuadrat jika datanya cukup banyak. Mungkin kalau masih sedikit, kita bisa menghitunhnya secara manual.

Demikianlah pengalaman saya dalam mengembangkan Sistem Informasi dalam bentuk software aplikasi sederhana. Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan janganlah takut untuk mencoba hal-hal kecil, karena kemungkinan dari hal kecil itulah kita akan mendapatkan hasil yang besar.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar